Untuk meningkatkan kualitas
pembelajaran dan hasil pembelajaran, perlu adanya inovasi-inovasi yang dibuat
atau dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran. Hal ini bisa dilakukan
dengan adanya kreasi guru dalam penggunaan metode pembelajaran yang dapat disesuaikan dengan materi
ajar. Dengan melakukan perencanaan dan program awal yang baik. Untuk itu perlu
adanya perrencanaan yang matang, dalam perencanaan ini terdapat pendekatan
pembelajaran yang meliputi strategi, metode dan teknik pembelajaran. Pendekatan
pembelajaran ini harus dailakukan pembaharuan agar sesuai dengan perkembangan
zaman.
Strategi pembelajaran adalah suatu rangkaian
kegiatan yang telah dirancang guna mencapai tujuan secara efektif dan efisien
yang dilakukan oleh guru dan siswa. Macam-macam strategi pembelajaran meliputi:
Strategi Pembelajaran Ekspositori (SPE), Strategi Pembelajaran Inkuiri(SPI),
Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM) , Strategi Pembelajaran
Kooperatif (SPK), Stategi Pembelajaran Kontekstual (CTL), Srategi Pembelajaran
Afektif, Strategi Pembelajaran Kreatif Produk, Strategi Pembelajaran Inkuiri
ktif , Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek, Strategi Pembelajaran Kuantum,
Strategi Pembelajaran Siklus, Srategi Pembelajaran Berbasis Komputer dan
Berbasis Elektronik (E-Learning), Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan
Berfikir (SPPKB).
Metode pembelajaran adalah cara yang
digunakan guru untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam
bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Macam-macam metode pembelajaran meliputi: Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab,
Metode Diskusi, Metode Kerja Kelompok, Metode Pemberian Tugas, Metode
Demonstrasi, Metode Ceramah Plus, Metode Eksperimen, Metode Simulasi, Metode
Examples non Examples, Metode Karya Wisata.
Teknik pembelajaran adalah cara yang
dilakukan guru dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik, misalnya
penggunaan metode diskusi, perlu digunakan teknik yang berbeda pada kelas yang
siswanya tergolong aktif dengan kelas yang siswanya tergolong pasif.
Macam-maccam teknik pembelajaran meliputi teknik syarahan, Teknik perbincangan,
Teknik projek, Teknik penyelesaian masalah, Teknik dapatan, Teknik permainan,
Teknik kooperatif .
Dari ketiga pendekatan pembelajaran itu harus
saling berkesinambungan dan terus dilakukan pembaharuan-pembaharuan agar tujuan
dari pembelajaran dapat dicapai secara optimal. Selain itu dalam
pelaksanaan strategi, metode dan teknik pembelajaran guru harus menyesuaikan
dengan kondisi kelas dan siswa
0 Komentar